TIPS DAN TRIK FOODTOGRAPHY

TIPS DAN TRIK FOODTOGRAPHY

 

   Siapa yang suka foto makanan sebelum disantap dan mengupload nya ke sosial media? Atau kamu memiliki keinginan untuk menjadi food blogger namun terkendala oleh peralatan karena hanya mempunyai handphone?

   Jangan khawatir, karena banyak sekali food blogger yang hanya menggunakan handphone untuk menghasilkan foto yang menarik dan menggugah selera. Apa rahasianya? Langsung simak tips dan trik berikut ini!

  1. Sudut Pengambilan Gambar

Sudut pengambilan gambar ada tiga, yaitu eye level, bird level, dan 45 derajat. Eye level adalah level  yang sejajar dengan makanan. Biasanya eye level bagus untuk pengambilan makanan yang bertumpuk atau slice cake. Bird level bisa dikatakan juga sebagai flat lay. Bila makanan ada beberapa atau ada perabotan di meja yang menarik dengan makanan yang tertata menyebar di piring, posisi flat lay akan hampir selalu menghasilkan gambar yang baik. Sedangkan 45 derajat adalah sudut pengambilan gambar yang bisa dibilang susah-susah gampang karena posisi yang harus tepat. Lebih baik dan aman bila menggunakan posisi flat lay atau eye level.

  2.Jenis Makanan yang Menggugah Selera

Untuk membuatnya semakin menarik, ada dua pilihan yang bisa kamu coba. Yang pertama, kamu bisa mencari tempat dengan plating makanan yang menarik, lokasi tempat yang fancy, atau kuliner seperti keju mozzarella tentu akan menarik. Namun, pilihan ini harus disertai dengan budget yang cukup. Yang kedua dengan budget secukupnya dengan menjajal kuliner kaki lima yang menggiurkan seperti bakso, mie, sate, atau cemilan unik dan legendaris. Untuk kuliner kaki lima, kamu perlu menerapkan sudut pengambilan gambar yang pas dan cahaya yang baik agar tampak menggiurkan.

  3.Cahaya Natural

Salah satu keterbatasan kamera handphone adalah bila telah lewat jam 6 sore, simpanlah handphone kamu karena hasilnya hampir dapat dipastikan buruk bila tidak di tempatkan dengan cahaya ruangan yang cukup. Cahaya natural akan selalu menghasilkan hasil gambar yang baik dan tidak beda jauh dari kamera profesional, meskipun banyak faktor lain seperti bokeh, pengendalian cahaya, tingkat kehalusan, dan detail gambar dari kamera tentu akan lebih bagus. Jadi pilihlah momen di siang hari dan foto dari tempat yang tidak terhalang oleh faktor seperti backlight. Bila kamu ingin foto ice cream, hindari dari terkena sinar matahari langsung di siang hari karena akan menghasilkan gambar yang silau.

  4.Gaya Pengambilan Foto

Makanan pun perlu memiliki style. Dengan sedikit gaya, maka hasil foto kamu akan tampak lebih menarik. Beberapa contoh diantaranya adalah bila makanannya adalah mie, kamu dapat foto sambil mengangkat mie dengan sumpit. Bila pizza, kamu dapat sambil berpose sedang mengambil pizza yang masih ada jaring-jaring keju yang belum lepas. Serta tentunya masih banyak pose lainnya untuk beragam kuliner lainnya.

  5.Maksimalkan Fitur Handphone

Bila kamu hanya memakai kamera smartphone kamu, maka pastikan bahwa kamu memaksimalkan fitur kamera pada smartphone kamu. Fotografi makanan tidak hanya diawali dari alat Fotografi yang mendukung, namun juga tentang kemapuan dalam menguasai alat Fotografi yang Anda gunakan. Kamera smartphone juga memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan dan kemampuan dalam terhubung dengan sosial media.

https://www.qraved.com